Rabu, 04 Januari 2017

Dua Kebutuhan Mendasar Anak untuk Raih Prestasi

Usia anak-anak membutuhkan sebuah pencapaian melalui prestasinya. Untuk mencapai hal tersebut, ternyata membutuhkan dua hal mendasar yang harus ada dalam diri si anak.
Psikolog anak, Roslina Verauli, menuturkan bahwa pencapaian target prestasi anak harus meliputi dua hal mendasar. Pertama, kedisiplinan dari diri sendiri sudah harus dijalankan oleh anak sedini mungkin.



"Disiplin itu salah satu tema sentral untuk mewujudkan segala keinginannya. Di usia SD ini, anak harus mampu mengontrol dirinya sendiri tanpa lagi diarahkan oleh orangtua," ujar Vera, sapaan akrabnya kepada VIVA.co.id pada Rabu, 4 Januari 2017.

Disiplin sendiri, lanjut Vera, diajarkan sejak dini. Di usia di bawah enam tahun memang masih harus diarahkan oleh orangtua. Sedangkan saat sudah memasuki sekolah dasar, anak sudah harus memiliki ‘Will Power’; untuk segala kegiatan yang dianggap penting.

Baca juga : Cara mengusir nyamuk dengan Kulit jeruk

"Kegiatan apa saja. Mulai dari ibadah, belajar dan bermain, itu sudah harus memiliki waktu tertentu, sehingga dijalankan secara disiplin tanpa suruhan orangtua," ujarnya.

Ditambahkan Vera, hal kedua yang penting untuk membuat anak mampu mencapai targetnya yakni lingkungan pertemanan. Sebab, bergaul dengan teman sejenis di usia SD adalah hal yang penting untuk dilakukan.

"Karena perwujudan dari penghayatan anak tentang identitas gender itu dengan cara berteman, agar ia mampu memperlajari sisi positif dari gendernya. Peran orangtua di sini harus mampu mengarahkan anak di lingkungan pertemanannya," lanjut Vera.

sumber : http://life.viva.co.id/news/read/866858-dua-kebutuhan-mendasar-anak-untuk-raih-prestasi